TATA TERTIB PERTANDINGAN FUTSAL

TATA TERTIB PERTANDINGAN FUTSAL
STREET FUTSAL CHAMPION LEAGUE 2011
________________________________________________________________
1.    Masing-masing tim terdiri dari maksimal 10 orang pemain dan 2 orang official tim yang berstatus status Mahasiswa dengan menyertakan bukti foto copy KTM(Kartu Tanda Mahasiswa)/KPU minimal jumlah pemain 7 orang
2.    Jumlah pemain saat bertanding 5 orang termasuk kiper dengan pergantian pemain bebas,
3.    Apabila diketahui terdapat pemain “illegal” (bukan berstatusmahasiswa USB YPKP ) maka akan dikenakan hukumanberupa Tim yang bersangkutan akan didiskualifikasi .
4.    Daftar Nama Pemain  dan Official Tim harap diserahkan paling lambat hari sabtu tanggal   Maret 2011  jam 12.00 WIB (Panitia)
5.    Waktu bertanding 2 x 15 menit dengan istirahat 5 menit, diperkenankan untuk time out 1 menit tiap babak,
6.    Apabila dalam waktu 5 menit sebelum sampai jadwal jadwal pertandingan yang telah ditentukan tim belum hadir dan belum siap dilapangan maka dinyatakan WO dengan skor 5-0;
7.    Perhitungan pada babak penyisihan : Menang = 3, Seri = 1, Kalah = 0, apabila terdapat point sama akan diperhitungkan head to head antar tim selanjutnya perhitungan selisih gol; Semifinal & Final = Sistem Gugur apabila skor sama 2 x 15 menit skor tetap sama maka dilanjutkan dengan adu pinalti.
8.    Apabila terdapat 2 tim yang bertanding memakai warna samamaka salah satu tim akan diberikan rompi warna sebagai pembeda (disediakan panitia);
9.    Pemain diwajibkan memakai sepatu  untuk futsal /sepatu olahraga lainnya (apabila memakai sepatu selain sepatu futsal tidak diperkenankan bermain)
10. Teknis detail dilapangan mengikuti standar aturan futsal yang berlaku atau wasit yang memimpin pertandingan
11. Keputusan wasit di lapangan tidak bisa diganggu gugat.
12. Setiap Tim wajib datang 30 menit sebelum pertandingan demi terwujudnya       pertandingan yang lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan panitia.
13. Apabila ke2 Tim yang bertanding sama-sama datang terlambat pada saat jadwal jam pertandingan yang telah dijadwalkan maka  Panitia berhak menentukan untuk tidak melakukan pertandingan atau penundaan jadwal dilain jam atau lain hari namun akan memberikan kebijakan memberi poin 1 pada masing-maasing Tim yang terlambat.
14. Semua Tim peserta atau official Tim dan pendukung Tim dilarang melakukan intervensi jadwal yang telah ditentukan panitia guna kelancaran jadwal pertandingan futsal yang kondusif.
15. Setiap Tim Peserta atau Official dan pendukung Tim wajib mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh Panitia dan Sponsor guna kelancaran jadwal pertandingan futsal yang kondusif.

Tanjung Ampalu 29 Juli 2015


 Panitia Futsal
A.   PERATURAN PERTANDINGAN
1.  Pertandingan menggunakan sistem grup penyisihan,semi final dan final
2. Seluruh team terdiri maksimal dari 10 pemain dan 2 official (sudah termasuk dengan  penjaga gawang/kiper) dan minimal  8 pemain.
3. Seluruh team yang ikut serta wajib membayar uang pendaftaran sebagai kewajiban utama sebesar Rp.300.000,-
4.  Seluruh pemain yang terdaftar wajib mencantumkan identitas diri
5. Pemain yang telah terdaftar pada satu tim tidak diperkenankan tampil dalam team lain sehingga memiliki Tim ganda.
6.  Durasi pertandingan 2 X 15 menit (kotor), Istirahat 5 (lima) menit
7. Untuk pertandingan semifinal dan final.Jika hasil seri maka akan dilakukan  tendangan penalti, dimana setiap team diberi kesempatan sebanyak 3 (Tiga) Kali. Jika masih draw, akan ditentukan dengan satu tendangan penalti dan di undi dengan koin yang di saksikan oleh tim kedua kapten tim, wasit dan panitia.
8. Time out diberikan satu kali pada setiap babak. Sedangkan lama Time out selama 1 (satu) menit
9. Setiap team wajib hadir 30 menit sebelum jam bertanding tim yang bersangkutan  dimulai dan melakukan registrasi pertandingan guna melihat susunan pemain.
10 .Apabila team yang bersangkutan tidak hadir 20 menit sebelum pertandingan di mulai dan tidak ada konfirmasi sebelumnya maka dianggap kalah dan team lawan dinyatakan menang WO dengan skor 5-0.Adapun batas waktu yang diberikan oleh panitia hanya apabila ada konfirmasi keterlambatan yaitu 10 menit sebelum waktu pertandingan dimulai dan jika tetap terlambat sampai jam pertandingan dimulai maka tim yang bersangkutan dianggap kalah dan tim lawan dinyatakan menang WO dengan skor 5-0.
11. Bila terjadi pelanggaran pada saat jalannya pertandingan maka yang berhak protes adalah kapten team tersebut
12. Setiap team terdiri dari pemain yang jumlah maksimal terdiridari 5 (lima) pemain inti, 3 pemain cadangan dan maksimal 2 official.
13 Pergantian pemain tidak dibatasi selama pertandingan berlangsung
14.Pemain pengganti memasuki lapangan pada zona teamnya sendiri, penggantian     sah apabila pemain yang digantikan telah keluar dan telah melewati garis pada zona teamnya tersebut.
15. Setiap tim berhak meminta team out sekali dalam setiap babak. Pengajuan time out pada saat team tersebut menguasai bola dengan terlebih dahulu memberitahukannya kepada wasit
16.  Tim yang menang berhak melanjutkan ke babak berikutnya
17. Gol dinyatakan sah apabila bola melewati garis gawang dan lemparan penjaga gawang atau tendangan ke dalam yang terlebih dahulu menyentuh pemain
18. Apabila salah satu pemain mendapat kartu merah maka pemain pengganti dapat masuk menggantikan pemain yang mendapat kartu merah.Pemain yang mendapatkan kartu merah tidak diperkenankan masuk selama 2 menit sejak melakukan pelangggaran namun  bisa bermain kembali saat hukuman 2 menit telah selesai selama waktu pertandingan masih berlangsung.Untuk pemain yang mendapatkan kartu merah akan mengalami suspended/penundaan bermain selama satu pertandingan berikutnya dan pemain akan bisa bermain kembali setelah hukuman suspendednya selesai.
19. Penjaga gawang berhak menguasai bola selama 4 detik
20..Setiap pelanggaran akan dikenakan tendangan langsung atau tidak langsung ditentukan oleh wasit
21. Setiap pelanggaran pada setiap babak nantinya akan diakumulasikan, apabila telah dilakukan pelanggaran selama 5kali dalam satu babak, maka pelanggaran yang ke-6 dan selanjutnya maka di kenakan penalti pada titik ke-2 selama waktu pertandingan dalam satu babak itu selesai .Dan akan kembali normal pada babak selanjutnya dengan penghitungan pelanggaran kembali nol yang akan diakumulasikan lagi seperti aturan awal yang telah ditetapkan.
22. Sliding ke arah lawan pada saat merebut bola sangat dilarang, sliding hanya di    perbolehkan pada saat memotong bola operan/passing ball.
23. Bola keluar (out) maka dilakukan tendangan ke dalam dengan bola tepat pada garis  dan kaki di luar garis, dilakukan dengan waktu tidak lebih dari 4 detik
24. Saat melakukan tendangan ke dalam jarak pemain lawan 2meter dari titik bola.
25. Apabila terjadi pelanggaran backpass akan diberikan tendangan bebas tidak langsung pada zona yang telah terjadi pelanggaran backpass
26.  Pertandingan di pimpin oleh wasit. Dan keputusan wasit mutlak atau final.
27. Semua Tim peserta atau official tim dan pendukung Tim dilarang melakukan intervensi terhadap pengaturan jadwal yang telah ditentukan.







B.PERLENGKAPAN PERTANDINGAN
 1.  Setiap pemain di wajibkan memakai kaos seragam dengan nomor punggung, bila terjadi  kesamaan warna dengan team lawan maka panitia menyediakan rompi berbeda dan tidak di perkenankan berganti-ganti nomor punggung
2. Setiap pemain wajib menggunakan kaos kaki  dan SKIN (pelindung tulang kering)
3.  Pemain dilarang menggunakan aksesoris yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain,
4.  Untuk penjaga gawang diwajibkan menggunakan kostum yang berbeda dengan pemain lain dan sarung tangan yang sesuai

C.  LAIN-LAIN
Sanksi dan Denda
1.    Pemain wajib mengumpulkan fotocopy identitas pemain dan melunasi uang pendaftaran apabila terdapat Tim yang belum lengkap memberi biodata pemain maka panitia berhak melakukan suspended pemain atau bahkan bisa ditolak sehingga dapat digantikan dengan Tim lain yang telah melunasi uang pendaftaran dan memenuhi administrasi pendaftaran.
2.    Pemain hanya diperbolehkan bermain untuk satu tim .Jika terbukti panitia berhak tidak mengizinkan pemain bermain selama kompetisi berlangsung sampai selesai.
3. 15 menit sebelum pertandingan dimulai setiap team wajib menyerahkan uang          deposit sebesar Rp 30.000 sebagai Deposit penjamin .
4. Uang deposit akan dikembalikan setelah pertandingan selesai yang akan dikurangi apabila terjadi denda akumulasi kartu yang didapat oleh pemain dari setiap Tim yang bersangkutan.
5. Setiap kartu kuning dikenakan denda sebesar Rp15.000/kartu dan Rp20.000/Kartu merah.
6. Apabila terjadi keributan atau kerusuhan baik antara pemain maupun antar supporter ,maka setiap Tim yang bersangkutan pada kekacauan tersebut akan didiskualisifikasitanpa terkecuali.
7. Team yang telah dipanggil lebih dari 3 (tiga) kali dalam rentang waktu 30 menit sebelum  mulai pertandingan dan tidak memberikan konfirmasi maka dinyatakan GUGUR atau kalah
8. Pemain harus menghormati pengawas pertandingan,panitia,,wasit,pemain lawan dan supporter
9.  Pemain dan official dilarang keras mencaci/ mengeluarkan kata-kata kotor kepada pengawas pertandingan,panitia,wasit,pemain lawan,dan supporter.Dan apabila terbukti melakukan maka wasit berhak menegur dan bisa memberikan kartu kuning hingga merah jika sudah melewati batas sportifitas.

10. Semua tim ,dan suporter wajib menaati semua peraturan yang telah ditetapkan dan apabila terbukti melakukan keributan maka panitia berhak melakukan peninjauan ulang bersama wasit juga pengawas pertandingan untuk mengambil tindakan tegas kepada tim maupun pemain yang bersangkutan hingga didiskualifikasi tanpa terkecuali.
11.Pemain yang melakukan selebrasi gol dengan melepas kostum maka akan diberi sanksi kartu kuning atau diberi kartu merah apabila telah mendapatkan kartu kuning sebelumnya.

D.  Keamanan
1. Setiap tim wajib mempunyai manager/official team dan bagian keamanan yang bertanggung jawab atas team tersebut dan supporternya.
2.  Kehilangan dan kerusakan barang pribadi bukan tanggung jawab panitia.
3. Panitia maupun supporter dilarang keras membawa miras,senjata tajam,senjata api, narkoba dan sejenisnya ketika memasuki wilayah pertandingan.
4.  Setiap tim maupun suporter diharapkan untuk menggunakan fasilitas yang telah tersedia dengan baik. Dan tidak membuat kerusakan fasilitas yang ada.
5. Panitia berhak melakukan tindakan tegas yang dibantu pihak keamanan terkait guna pengamanan apabila terjadi hal-hal yang tidak kondusif/tidak diinginkan.

E.  P3K (Pertolongan Pertama)
1.    Pertolongan pertama terhadap pemain yang mengalami cidera menjadi tanggung jawab official tim yang bersangkutan dan dibantu oleh panitia.
2.    Apabila terjadi kecelakaan pada pemain yang bersangkutan saat pertandingan maka Panitia akan memberikan tindakan pertolongan pertama.Untuk tahap pengobatan yang selanjutnya merupakan tanggung jawab tim yang bersangkutan,
3.    Panitia hanya bertanggungjawab dengan batasan pada tindakan pertolongan pertama saat pemain yang cidera ringan ketika pertandingan berlangsung.
Selamat bertanding dan  junjung tinggi tinggi sportifitas serta Fair Play



Teknikal meeting
Sehubungan dengan akan diadakannya pertandingan futsal campus league 2011 maka Kami selaku panitia bermaksud mengundang rekan untuk mengikuti teknikal meeting.Adapun Teknikal Meeting Wajib diikuti oleh official dan kapten team atau wakil Tim yang dipercaya guna kelancaran pertandingan futsal campus league 2011 serta bertujuan agar tidak ada pihak yang dirugikan..Adapun acara tersebut akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal :                 2015

Pukul             :

Tempat          :

Segala sesuatu yang berkaitan dengan kompetisi ini yang belum tercantum
dalam tata tertib maka akan ditentukan dikemudian  dan akan tetap berpegang teguh pada peraturan pertandingan dan permainan futsal dari PSSI.
Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.




Tanjung Ampalu,    29 Juli 2015


                                                                                                    Panitia Futsal


Comments

Popular posts from this blog

SKENARIO PENERIMAAN TAMU DENGAN PERJANJIAN

Naskah Drama Siti Nurbaya dalam Bahasa Minang

CONTOH DIALOG RAPAT 6 ORANG TENTANG PRODUK BARU