TATA TERTIB PERTANDINGAN FUTSAL
TATA TERTIB PERTANDINGAN FUTSAL
STREET FUTSAL CHAMPION LEAGUE 2011
________________________________________________________________
1. Masing-masing tim
terdiri dari maksimal 10 orang pemain dan 2 orang official tim yang berstatus
status Mahasiswa dengan menyertakan bukti foto copy KTM(Kartu Tanda
Mahasiswa)/KPU minimal jumlah pemain 7 orang
2. Jumlah pemain saat
bertanding 5 orang termasuk kiper dengan pergantian pemain bebas,
3. Apabila diketahui
terdapat pemain “illegal” (bukan berstatusmahasiswa USB YPKP ) maka akan
dikenakan hukumanberupa Tim yang bersangkutan akan didiskualifikasi .
4. Daftar Nama Pemain dan Official Tim harap diserahkan paling
lambat hari sabtu tanggal Maret
2011 jam 12.00 WIB (Panitia)
5. Waktu bertanding 2 x 15
menit dengan istirahat 5 menit, diperkenankan untuk time out 1 menit tiap
babak,
6. Apabila dalam waktu 5
menit sebelum sampai jadwal jadwal pertandingan yang telah ditentukan tim belum
hadir dan belum siap dilapangan maka dinyatakan WO dengan skor 5-0;
7. Perhitungan pada babak
penyisihan : Menang = 3, Seri = 1, Kalah = 0, apabila terdapat point sama akan
diperhitungkan head to head antar tim selanjutnya perhitungan selisih gol;
Semifinal & Final = Sistem Gugur apabila skor sama 2 x 15 menit skor tetap
sama maka dilanjutkan dengan adu pinalti.
8. Apabila terdapat 2 tim
yang bertanding memakai warna samamaka salah satu tim akan diberikan rompi
warna sebagai pembeda (disediakan panitia);
9. Pemain diwajibkan
memakai sepatu untuk futsal /sepatu
olahraga lainnya (apabila memakai sepatu selain sepatu futsal tidak
diperkenankan bermain)
10. Teknis detail dilapangan mengikuti standar aturan futsal yang
berlaku atau wasit yang memimpin pertandingan
11. Keputusan wasit di lapangan tidak bisa diganggu gugat.
12. Setiap Tim wajib datang 30 menit sebelum pertandingan demi
terwujudnya pertandingan yang
lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan panitia.
13. Apabila ke2 Tim yang bertanding sama-sama datang terlambat pada
saat jadwal jam pertandingan yang telah dijadwalkan maka Panitia berhak menentukan untuk tidak
melakukan pertandingan atau penundaan jadwal dilain jam atau lain hari namun
akan memberikan kebijakan memberi poin 1 pada masing-maasing Tim yang
terlambat.
14. Semua Tim peserta atau official Tim dan pendukung Tim dilarang
melakukan intervensi jadwal yang telah ditentukan panitia guna kelancaran
jadwal pertandingan futsal yang kondusif.
15. Setiap Tim Peserta atau Official dan pendukung Tim wajib
mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh Panitia dan Sponsor guna
kelancaran jadwal pertandingan futsal yang kondusif.
Tanjung Ampalu 29 Juli 2015
Panitia Futsal
A. PERATURAN PERTANDINGAN
1. Pertandingan menggunakan sistem grup
penyisihan,semi final dan final
2. Seluruh team terdiri
maksimal dari 10 pemain dan 2 official (sudah termasuk dengan penjaga gawang/kiper) dan minimal 8 pemain.
3. Seluruh team
yang ikut serta wajib membayar uang pendaftaran sebagai kewajiban utama sebesar
Rp.300.000,-
4. Seluruh pemain yang terdaftar wajib
mencantumkan identitas diri
5. Pemain yang
telah terdaftar pada satu tim tidak diperkenankan tampil dalam team lain
sehingga memiliki Tim ganda.
6. Durasi pertandingan 2 X 15 menit (kotor),
Istirahat 5 (lima) menit
7. Untuk
pertandingan semifinal dan final.Jika hasil seri maka akan dilakukan tendangan penalti, dimana setiap team diberi
kesempatan sebanyak 3 (Tiga) Kali. Jika masih draw, akan ditentukan dengan satu
tendangan penalti dan di undi dengan koin yang di saksikan oleh tim kedua kapten
tim, wasit dan panitia.
8. Time out
diberikan satu kali pada setiap babak. Sedangkan lama Time out selama 1 (satu)
menit
9. Setiap team
wajib hadir 30 menit sebelum jam bertanding tim yang bersangkutan dimulai dan melakukan registrasi pertandingan
guna melihat susunan pemain.
10 .Apabila team
yang bersangkutan tidak hadir 20 menit sebelum pertandingan di mulai dan tidak
ada konfirmasi sebelumnya maka dianggap kalah dan team lawan dinyatakan menang
WO dengan skor 5-0.Adapun batas waktu yang diberikan oleh panitia hanya apabila
ada konfirmasi keterlambatan yaitu 10 menit sebelum waktu pertandingan dimulai
dan jika tetap terlambat sampai jam pertandingan dimulai maka tim yang
bersangkutan dianggap kalah dan tim lawan dinyatakan menang WO dengan skor 5-0.
11. Bila terjadi
pelanggaran pada saat jalannya pertandingan maka yang berhak protes adalah
kapten team tersebut
12. Setiap team
terdiri dari pemain yang jumlah maksimal terdiridari 5 (lima) pemain inti, 3 pemain cadangan dan
maksimal 2 official.
13 Pergantian
pemain tidak dibatasi selama pertandingan berlangsung
14.Pemain
pengganti memasuki lapangan pada zona teamnya sendiri, penggantian sah apabila pemain yang digantikan telah
keluar dan telah melewati garis pada zona teamnya tersebut.
15. Setiap tim berhak
meminta team out sekali dalam setiap babak. Pengajuan time out pada saat team
tersebut menguasai bola dengan terlebih dahulu memberitahukannya kepada wasit
16. Tim yang menang berhak melanjutkan ke babak
berikutnya
17. Gol
dinyatakan sah apabila bola melewati garis gawang dan lemparan penjaga gawang
atau tendangan ke dalam yang terlebih dahulu menyentuh pemain
18. Apabila
salah satu pemain mendapat kartu merah maka pemain pengganti dapat masuk
menggantikan pemain yang mendapat kartu merah.Pemain yang mendapatkan kartu
merah tidak diperkenankan masuk selama 2 menit sejak melakukan pelangggaran
namun bisa bermain kembali saat hukuman
2 menit telah selesai selama waktu pertandingan masih berlangsung.Untuk pemain yang
mendapatkan kartu merah akan mengalami suspended/penundaan bermain selama satu
pertandingan berikutnya dan pemain akan bisa bermain kembali setelah hukuman
suspendednya selesai.
19. Penjaga
gawang berhak menguasai bola selama 4 detik
20..Setiap
pelanggaran akan dikenakan tendangan langsung atau tidak langsung ditentukan
oleh wasit
21. Setiap
pelanggaran pada setiap babak nantinya akan diakumulasikan, apabila telah
dilakukan pelanggaran selama 5kali dalam satu babak, maka pelanggaran yang ke-6
dan selanjutnya maka di kenakan penalti pada titik ke-2 selama waktu
pertandingan dalam satu babak itu selesai .Dan akan kembali normal pada babak
selanjutnya dengan penghitungan pelanggaran kembali nol yang akan
diakumulasikan lagi seperti aturan awal yang telah ditetapkan.
22. Sliding ke
arah lawan pada saat merebut bola sangat dilarang, sliding hanya di perbolehkan pada saat memotong bola
operan/passing ball.
23. Bola keluar
(out) maka dilakukan tendangan ke dalam dengan bola tepat pada garis dan kaki di luar garis, dilakukan dengan
waktu tidak lebih dari 4 detik
24. Saat
melakukan tendangan ke dalam jarak pemain lawan 2meter dari titik bola.
25. Apabila
terjadi pelanggaran backpass akan diberikan tendangan bebas tidak langsung pada
zona yang telah terjadi pelanggaran backpass
26. Pertandingan di pimpin oleh wasit. Dan
keputusan wasit mutlak atau final.
27. Semua Tim
peserta atau official tim dan pendukung Tim dilarang melakukan intervensi
terhadap pengaturan jadwal yang telah ditentukan.
B.PERLENGKAPAN PERTANDINGAN
1. Setiap pemain di wajibkan memakai kaos
seragam dengan nomor punggung, bila terjadi
kesamaan warna dengan team lawan maka panitia menyediakan rompi berbeda
dan tidak di perkenankan berganti-ganti nomor punggung
2. Setiap pemain wajib menggunakan kaos kaki dan SKIN (pelindung tulang kering)
3.
Pemain dilarang menggunakan aksesoris yang dapat membahayakan diri
sendiri dan orang lain,
4.
Untuk penjaga gawang diwajibkan menggunakan kostum yang berbeda dengan
pemain lain dan sarung tangan yang sesuai
C. LAIN-LAIN
Sanksi dan Denda
1.
Pemain wajib mengumpulkan fotocopy identitas pemain dan melunasi uang
pendaftaran apabila terdapat Tim yang belum lengkap memberi biodata pemain maka
panitia berhak melakukan suspended pemain atau bahkan bisa ditolak sehingga
dapat digantikan dengan Tim lain yang telah melunasi uang pendaftaran dan
memenuhi administrasi pendaftaran.
2.
Pemain hanya diperbolehkan bermain untuk satu tim .Jika terbukti panitia
berhak tidak mengizinkan pemain bermain selama kompetisi berlangsung sampai
selesai.
3. 15 menit sebelum pertandingan dimulai
setiap team wajib menyerahkan uang
deposit sebesar Rp 30.000 sebagai Deposit penjamin .
4. Uang deposit akan dikembalikan setelah
pertandingan selesai yang akan dikurangi apabila terjadi denda akumulasi kartu
yang didapat oleh pemain dari setiap Tim yang bersangkutan.
5. Setiap kartu kuning dikenakan denda
sebesar Rp15.000/kartu dan Rp20.000/Kartu merah.
6. Apabila terjadi keributan atau kerusuhan
baik antara pemain maupun antar supporter ,maka setiap Tim yang bersangkutan
pada kekacauan tersebut akan didiskualisifikasitanpa terkecuali.
7. Team yang telah dipanggil lebih dari 3
(tiga) kali dalam rentang waktu 30 menit sebelum mulai pertandingan dan tidak memberikan
konfirmasi maka dinyatakan GUGUR atau kalah
8. Pemain harus menghormati pengawas
pertandingan,panitia,,wasit,pemain lawan dan supporter
9.
Pemain dan official dilarang keras mencaci/ mengeluarkan kata-kata kotor
kepada pengawas pertandingan,panitia,wasit,pemain lawan,dan supporter.Dan
apabila terbukti melakukan maka wasit berhak menegur dan bisa memberikan kartu
kuning hingga merah jika sudah melewati batas sportifitas.
10. Semua tim ,dan suporter wajib menaati
semua peraturan yang telah ditetapkan dan apabila terbukti melakukan keributan
maka panitia berhak melakukan peninjauan ulang bersama wasit juga pengawas
pertandingan untuk mengambil tindakan tegas kepada tim maupun pemain yang
bersangkutan hingga didiskualifikasi tanpa terkecuali.
11.Pemain yang melakukan selebrasi gol dengan
melepas kostum maka akan diberi sanksi kartu kuning atau diberi kartu merah
apabila telah mendapatkan kartu kuning sebelumnya.
D.
Keamanan
1. Setiap tim wajib mempunyai
manager/official team dan bagian keamanan yang bertanggung jawab atas team tersebut
dan supporternya.
2.
Kehilangan dan kerusakan barang pribadi bukan tanggung jawab panitia.
3. Panitia maupun supporter dilarang keras
membawa miras,senjata tajam,senjata api, narkoba dan sejenisnya ketika memasuki
wilayah pertandingan.
4.
Setiap tim maupun suporter diharapkan untuk menggunakan fasilitas yang
telah tersedia dengan baik. Dan tidak membuat kerusakan fasilitas yang ada.
5. Panitia berhak melakukan tindakan tegas
yang dibantu pihak keamanan terkait guna pengamanan apabila terjadi hal-hal
yang tidak kondusif/tidak diinginkan.
E.
P3K (Pertolongan Pertama)
1.
Pertolongan pertama terhadap pemain yang mengalami cidera menjadi
tanggung jawab official tim yang bersangkutan dan dibantu oleh panitia.
2.
Apabila terjadi kecelakaan pada pemain yang bersangkutan saat
pertandingan maka Panitia akan memberikan tindakan pertolongan pertama.Untuk
tahap pengobatan yang selanjutnya merupakan tanggung jawab tim yang
bersangkutan,
3.
Panitia hanya bertanggungjawab dengan batasan pada tindakan pertolongan
pertama saat pemain yang cidera ringan ketika pertandingan berlangsung.
Selamat bertanding dan junjung tinggi tinggi sportifitas serta Fair
Play
Teknikal meeting
Sehubungan dengan akan diadakannya
pertandingan futsal campus league 2011 maka Kami selaku panitia bermaksud
mengundang rekan untuk mengikuti teknikal meeting.Adapun Teknikal Meeting Wajib
diikuti oleh official dan kapten team atau wakil Tim yang dipercaya guna
kelancaran pertandingan futsal campus league 2011 serta bertujuan agar tidak
ada pihak yang dirugikan..Adapun acara tersebut akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : 2015
Pukul :
Tempat :
Segala sesuatu yang berkaitan dengan
kompetisi ini yang belum tercantum
dalam tata tertib maka akan ditentukan
dikemudian dan akan tetap berpegang
teguh pada peraturan pertandingan dan permainan futsal dari PSSI.
Demikian surat pemberitahuan ini kami
sampaikan. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Tanjung Ampalu, 29 Juli 2015
Panitia Futsal
Comments
Post a Comment