Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis
Komunikasi bisnis adalah
pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan
tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol
atau sinyal.
Bentuk Komunikasi Bisnis
Komunikasi tertulis :
Pengumuman, memo, e-mail, surat,
laporan, proposal dll.
Keuntungan :
Catatan permanen, Pesan yang
terencana, Ekonomis, Distrubusi lebih mudah.
Komunikasi lisan :
Pembicaraan, telepon, wawancara,
rapat, konfrensi
Keuntungan :
Feedback langsung, Bisa menangkap
nonverbal, Mudah Saluran Komunikasi
Komunikasi formal :
mengikuti garis hirarki atau
jabatan
Tiga arah komunikasi formal :
Downward : dari pengambil
keputusan ke karyawan; Contoh : Kebijakan, rencana, strategi, instruksi dan
prosedur
Upward : dari pekerja kepada
pimpinan; Contoh : laporan kerja, dan usulan perbaikan
Horizontal : sesama
karyawan/level yang sama; Contoh : Meeting, e-mail, dan memo
Saluran Komunikasi
Komunikasi informal (grapevine) :
berdasarkan hubungan sosial
karyawan sering bersosialisasi saat makan siang, istirahat atau pulang kantor.
bila banyak informasi yang beredar melalui informal artinya komunikasi formal
tidak efektif Keuntungan :informasinya lebih cepat dan efektif bisa mengekspresikan pendapat tanpa ragu-ragu
.
Saluran Komunikasi bisnis
Komunikasi formal : mengikuti garis hirarki atau jabatan
Tiga arah komunikasi formal :
Downward : dari pengambil
keputusan ke karyawan; Contoh : Kebijakan, rencana, strategi, instruksi dan
prosedur
Upward : dari pekerja kepada
pimpinan; Contoh : laporan kerja, dan usulan perbaika
Horizontal : sesama
karyawan/level yang sama; Contoh : Meeting, e-mail, dan memo
Komunikasi informal (grapevine) : berdasarkan hubungan sosial
• karyawan sering bersosialisasi
saat makan siang, istirahat atau pulang kantor.
• bila banyak informasi yang
beredar melalui informal artinya komunikasi formal tidak efektif
• Keuntungan :
• informasinya lebih cepat dan
efektif
• bisa mengekspresikan pendapat
tanpa ragu-ragu
Komunikasi Internal Dan Eksternal Dalam Komunikasi Bisnis
Ruang lingkup komunikasi bisnis
akan diawali dengan :
-Ruang lingkup komunikasi
internal yaitu mencakup : Komunikasi dengan (1) pemilik, (2) manajemen, (3)
karyawan. Tugas seorang pelaku bisnis adalah membina hubungan baik dengan
pihak-pihak tersebut melalui aktivitas komunikasi. Ketiga pihak tersebut,
merupakan sasaran komunikasi atau disebut stakeholders. Stakeholders adalah
sikap setiap kelompok yang berada di dalm maupun di luar organisasi/lembaga
bisnis yang mempunyai peran dalam keberhasilan organisasi/lembaga bisnis. Cara
komunikasi yang dilakukan dalam komunikasi internal dapat berupa komunikasi
lisan, tulisan, audio-visual atau gabungan ketiganya. Sedangkan arus yang
terbaik adalah arus komunikasi dua arah, sehingga pelaku komunikasi bisnis
harus berani untuk membuka saluran komunikasi baik formal maupun informal, hyal
tersebut mengingat adanya kelemahan komunikasi internal dalam komunikasi
bisnis, yaitu pesan biasanya didominasi oleh pihak manajemen, atau bahkan
komunikasi berjenjang, sehingga akibatnya pesan komunikasi sering terjadi
pengurangan/penyimpangan.
-Ruang lingkup komunikasi
eksternal yaitu mencakup : Komunikasi dengan (1) pelanggan, (2) penyalur, (3)
pemasok dan (4) agen regulator. Keempat kelompok yang berada di luar organisasi/lembaga
bisnis memiliki kepentingan untuk kelangsungan bisnis. Kelompok tersebut selain
menghidupi juga dihidupi oleh organisasi/lembaga bisnis. Kelompok tersebut
menentukan kemajuan bisnis, sehingga hubungan baik dengan kelompok ini harus
dijaga dan dipertahankan dan
ditingkatkan, melalui kualitas
dan kuantitas komunikasi. Kelompok ini memiliki kepentingan yang tidak sama,
misalnya pelanggan yang memiliki hak untuk memilih dan menetukan produk yang
akan digunakan. Sedangkan penyalur adalah kelompok yang memiliki jaringan
distribusi mereka hanya mau menyalurkan produk yang dikehendaki pelanggan.
Pemasok menginginkan adanya transaksi dengan organisasi lembaga bisnis yang
memuaskan, sedangkan agen regulator, menginginkan adanya kepatuhan terhadap
peraturan.
Hambatan-Hambatan dalam komunikasi bisnis dibagi dalam 3 bagian,yaitu
sbb :
- Hambatan Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena
lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan
penerimaan pesan. Dari sisi teknologi keterbatasan fasilitas dan peralatan
komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang
teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam
media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
- Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi
hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi
semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu
pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari mis-komunikasi
semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai
dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan
kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
- Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari
masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam
komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Menurut Cruden dan Sherman,
hambatan ini mencakup :
· Hambatan yang berasal dari
perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi, umur, keadaan emosi,
status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi, penyaringan informasi.
· Hambatan yang ditimbulkan oleh
iklim psikologis dalam organisasi atau lingkungan sosial dan budaya, seperti
suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut.
Comments
Post a Comment