CONTOH DIALOG RAPAT 6 ORANG TENTANG PRODUK BARU


CONTOH DIALOG RAPAT 6 ORANG TENTANG PRODUK BARU
PT GEMILANG JAYA Telah meluncurkan  produk terbarunya yaitu produk Tas wallet dengan berbagai jenis dan bentuk.
Pimpinan perusahaan  bermaksud untuk mengadakan rapat tentang evaluasi hasil penjualan pada pengeluaran produk terbarunya itu.

Perusahaan tersebut dipimpin oleh Bpk. Khusnul, SE, MP.Si dengan sekretaris Saidatul Ma’rifah dan ada beberapa bagian dalam perusahaan tersebut diantaranya : Bagian Pemasaran yaitu saudara Liana Saputri, Bagian Produksi yaitu saudara Millatina Izzati, Bagian management  Yaitu Andi Hermawan, dan Bagian Keuangan yaitu saudara Ana Safitri.
Struktur Rapat diantaranya
1.      Pimpinan Bpk. Khusnul, SE, MP.Si
2.      MC saudara Saidatul Ma’rifah
3.      Anggota-anggota :
·         bagian Pemasaran Oleh saudara Liana saputri
·         Bagian Produksi Oleh saudara Millatina Izzati
·         Bagian management Oleh saudara Andi Hermawan
·         Bagian Keuangan oleh saudara Ana Safitri

Sekenario Rapat Evalusi Penjualan PT GEMILANG JAYA
Santy : Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, selamat siang para peserta rapat.
Peserta Rapat : waalaikum salam warohmatullahi wabarokatuh, selamat siang juga

Santy : Terima kasih. Sebelum rapat pada siang hari ini kita mulai, perkenakan saya untuk membuka rapat dengan bacaan Basmallah bersama, mari saya hantarkan
Peserta rapat : bismillahirrohmanirrohim
Santy : terima kasih, semoga rapat pada siang hari ini dapat berjalan dengan lancer dengan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Aamiin selanjutnya rapat akan dipimpin oleh pimpinan saya, Bpk. Khusnul, SE, MP.Si waktu dan tempat kami persilahkan.

Khusnul : ”Assalamuallaikum Wr.Wb. Pada siang ini saya akan   meminta para manager divisi khususnya manager pemasaran saudari liana saputri, dan selebihnya kepada manager produksi maupun keungan. Kepada manager pemesaran saudari liana, bagaimana pemasaran produk kita selama 1 bulan terakhir?”
Liana : “Baiklah, saya akan melaporkan kegiatan pemasaran selama satu bulan terakhir ini, permintaan pasar turun sebanyak 30% dari bulan lalu, kami sudah usaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan omset pasar tetapi permintaan produk kita hari demi hari terus mengalami penurunan.”
Khusnul : “Apa?, bagaimana bisa omset pasar menurun begitu drastis, padahal kita baru saja menambah bahan baku pada pihak produksi dan mengambil kas perusahaan untuk hal tersebut. Apa yang menjadi penyebabnya?”
Liana : “Kami telah meneliti ke lapangan bahwa ada sejenis produk seperti kita yang memiliki kualitas dan bentuk yg menarik. Menjadikan para konsumen penasaran dan beralih ke produk tersebut.”
Khusnul : “Terima kasih atas penjelasannya. Atas kasus ini, kita harus cepat mengambil tindakan supaya pasar dapat kita kuasai kembali.”
Milatina : “Apakah kita harus membuat produk baru dan menambah kualitas produk?.”
Ana : “Jika menambah kualitas, dana yang dikeluarkan pasti bertambah dan membuat produk yang baru memiliki harga yang lebih tinggi, apakah hal itu tidak mempengaruhi daya beli konsumen?.”
Andi : “Hal itu pasti terjadi, dengan membuat produk baru itu membutuhkan dana yang besar, dan juga bahan baku yang berbeda dan mesin yang harus diperbarui. Sebaiknya kita tetap menjalankan produk yang lama tetapi dengan menambah inovasi pada produk tersebut.”
Milatina : “Bagaimana klau kita membuat tas wallet dengan beraneka macam bentuk fashion diberbagai negara, dengan melihat kesukaan konsumen pada bentuk tas negara lain.”
Liana : “Dan harus mencapai di semua kalangan konsumen baik anak-anak, orang dewasa sampai lansia. Menurut pengamatan saya, pada saat ini dikalangan remaja maupun orang dewasa telah mengetahui budaya korea, baik dari kesenian gaya penampilan, salah satunya bentuk dan model tas “kulit” tas tersebut juga mempunyai bentuk yang unik di indonesia, sehingga dapat menjangkau kesemua tingkat pasar di Indonesia.”
Khusnul : “Baiklah, kita dapat mengambil inovasi dari suadari liana. Apakah produksi siap membuat hal tersebut?.
Millatina : “Siap, pihak produksi akan berusaha melakukan kerjasama dengan penjual dari korea selatan asli, untuk kesuksesan produk ini.”

Khusnul : “Baiklah, saya memberikan tanggung jawab penuh kepada pihak produksi soal itu. Apakah managemen keuangan dapat menjangkau keseluruhan biaya produksi? Boleh saya lihat laporan keuangan bulan ini?.”
Ana : “Jika diambilkan kas dari bulan-bulan sebelumnya, managemen siap membiayai produksi, selebihnya ini laporannya”.(menyerahkan laporan kepada top managemen)
Andi : “Setelah saya lihat, memang apabila kita mengambil dari kas bulan-bulan sebelumnya, mampu membiayai produksi, karena laba bulan ini dibawah rata-rata dari biasanya akibat masalah ini. Baiklah saya setuju apabila mengambil dari kas bulan-bulan sebelumnya.”
Ana : “Siap, pihak keuangan akan mengatur keseluruan biaya yang dibutuhkan produksi.”
Khusnul : “Oke, pekerjaan ini dapat di lakukan mulai bulan ini. Saya harap semua dapat bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing demi kelancaran produksi ini. Dan untuk manager pemasaran harus lebih kreatif kedepannya untuk memasarkan produk ini.”
Liana : “Dalam memasarkan produk ini nanti, pihak pemasaran akan mengadakan event-event tentang keunikan produk kita sebelum resmi dipasarkan, menbuat iklan dengan menunjukkan penjual  asli korea, supaya konsumen dapat melihat produk yg dibuatnya dan menjadikan konsumen menjadi puas. Dan target pasar yang dapat dicapai kami usahakan seluruh wilayah indonesia.”
Khusnul : “Inovasi yang sangat bagus. Saya harap inovasi tersebut dapat terencana dan membuahkan hasil yang lebuh baik dan memuaskan.
Santi : kita kira rapat evaluasi hari ini selesai, selanjutnya untuk mengakhiri rapat pada siang hari ini marilah kita membaca hamdalah bersama, semoga rapat siang ini dapat membawa hasil yang maksimal. Mari saya hantarkan
Peserta rapat : alhamdulillahirobbil ‘alamin.

Comments

Popular posts from this blog

SKENARIO PENERIMAAN TAMU DENGAN PERJANJIAN

Naskah Drama Siti Nurbaya dalam Bahasa Minang