Contoh Surat Komplain dan balasannya
Contoh Surat Komplain
==================================
KOP SURAT
==================================
_______,
___ _______ 20xx
Nomor : …………
Perihal : …………
Kepada,
________________
PT ______________
Jln. ______________
Dengan hormat,
Bersama surat ini, kami
beritahukan bahwa jumlah barang pesanan kami tidak sesuai dengan barang yang
Anda kirimkan. Ketidaksesuaian tersebut sebagai berikut :
1. ………………………………………….
2. ………………………………………….
3. ………………………………………….
Kami yakin tidak ada unsur
kesengajaan Anda dalam kesalahan pengiriman ini. Kami mohon Anda untuk
melakukan pengecekan ulang jumlah barang pesanan kami dengan jumlah barang yang
Anda kirim.
Atas perhatiannya, kami ucapkan
terima kasih. Kami menunggu kabar dari Anda secepatnya.
Hormat kami,
……………………..
……………………..
Contoh Balasan Surat Komplain
==================================
KOP SURAT
==================================
_______, ___ _______ 20xx
Nomor : ………..
Perihal : ………..
Kepada,
_____________
PT ______________
Jln. ______________
Dengan hormat,
Menanggapi surat pengaduan Anda
mengenai kesalahan pengiriman barang pesanan Anda, dapat kami jelaskan bahwa
kesalahan itu sepenuhnya ada di pihak kami. Para pekerja kami yang kelelahan
dengan banyaknya pesanan yang masuk menjadi kurang teliti dan melakukan
kesalahan saat membaca . Kami meminta maaf atas kesalahan kami ini.
Barang pesanan Anda akan kami
kirimkan selambat-lambatnya … hari, terhitung mulai hari ini. Kritik serta
pemberitahuan Anda menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kami untuk tidak
mengulangi kejadian yang sama di masa yang akan datang.
Atas perhatian Anda, kami ucapkan
terima kasih.
Hormat kami,
………………………
………………………
Contoh Surat Komplain
PT Mobilan Menggema
Jl. Maju Terus No. 01
Telp.(021)123456
Sukoharjo, Jawa
Tengah
Email :
info@mobilan.id Web :mobilan.id
———————————————————–
No: 05/HRD/MM/XII/2016 31
Desember 2016
Lampiran : 4 lembar
Hal : komplain produk
Kepada,
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Maju Karya Group
Jl Lurus Terus No. 321, Jakarta
Dengan hormat,
Kami selaku pimpinan PT Mobil
Menggema memberikan penghargaan atas kerjasama yang telah dibagun antara PT
Mobil Menggema dan PT Maju Jaya Group selaku penyedia bahan baku untuk stiker
mobil selama hampir 6 bulan ini. Namun untuk kepentingan bersama mengenai
dibuatnya surat ini kami ingin menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan
bahan baku yang perusahaan PT Maju Jaya Group kirimkan kepada kami.
Sebelumnya kami ucapkan terimkasih
karena bahan baku dari PT Maju Jaya Group telah sampai ditujuan pada tanggal 28
Desember dengan baik. Namun beberapa hal berikut ini harus kami sampaikan
kepada perusahaan bapak/ ibu selaku pimpinan PT Maju Jaya Group, antara lain :
1. Terlambatnya
pengiriman bahan baku yang seharusnya tanggal 15 Desember sudah sampai, dan
dalam kesepakatan jika mundur maka mundurnya sekitar 5 hari , tapi dalam
kenyataan mundurnya sampai 10 hari.
2. Setelah
bahan baku sampai dengan baik ke tempat kami, ternyata bahan bakunya tidak
sesuai dengan kesapakatan sebelumnya, yang seharusnya bahan baku kualitas A
tapi yang dikirimkan kualitas B.
3. Jumlah
bahan baku yang seharusnya berjumlah 200 kg hanya terkirim 180 kg.
Itulah 3 hal komplain kami
terkait dengan bahan baku yang PT Maju Jaya Group kirimkan kepada kami. Untuk
selanjutnya kami mengingingkan pergantian bahan baku sesuai dengan kesepakatan
sebelumnya. Karena dari keterlambatan dan tidak baiknya bahan baku tersebut
menjadikan terganggunya proses layanan iklan mobil berjalan kami.
Semoga kerjasama yang telah
terjalin 6 bulan ini bisa berlanjut sampai habis masa kontrak kita. Berikut
juga kami lampirkan berkas bukti bahan baku dan nota kesepakatan yang
dilanggar. Terimakasih atas perhatian bapak/ibu pimpinan perusahaan.
Hormat kami
PT Mobilan Menggema
Hery Purnomo
Direktur Utama
Contoh Balasan Surat Komplain
PT. Maju Karya Group
Jl Lurus Terus No.
321, Jakarta
-------------------------------------------------------
Nomor : 321
Perihal : Komplain Produk
Kepada,
Yth,
PT Mobilan Menggema
Jl. Maju Terus No. 01
Telp.(021)123456
Dengan hormat,
Menanggapi surat pengaduan Anda
mengenai kesalahan pengiriman barang pesanan Anda, dapat kami jelaskan bahwa
kesalahan itu sepenuhnya ada di pihak kami. Para pekerja kami yang kelelahan
dengan banyaknya pesanan yang masuk menjadi kurang teliti dan melakukan
kesalahan saat membaca . Kami meminta maaf atas kesalahan kami ini.
Barang pesanan Anda akan kami
kirimkan selambat-lambatnya … hari, terhitung mulai hari ini. Kritik serta
pemberitahuan Anda menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kami untuk tidak
mengulangi kejadian yang sama di masa yang akan datang.
Atas perhatian Anda, kami ucapkan
terima kasih.
Hormat kami,
Direktur
PT. Maju Karya Group
Comments
Post a Comment