Contoh Surat Komplain dan balasannya


Contoh Surat Komplain 
==================================
KOP SURAT
==================================
       _______,  ___  _______ 20xx
Nomor    : …………
Perihal    : …………

Kepada,
________________
PT ______________
Jln. ______________

Dengan hormat,
Bersama surat ini, kami beritahukan bahwa jumlah barang pesanan kami tidak sesuai dengan barang yang Anda kirimkan. Ketidaksesuaian tersebut sebagai berikut :
1.    ………………………………………….
2.    ………………………………………….
3.    ………………………………………….
Kami yakin tidak ada unsur kesengajaan Anda dalam kesalahan pengiriman ini. Kami mohon Anda untuk melakukan pengecekan ulang jumlah barang pesanan kami dengan jumlah barang yang Anda kirim.
Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. Kami menunggu kabar dari Anda secepatnya.

Hormat kami,


……………………..
……………………..
Contoh Balasan Surat Komplain
==================================
KOP SURAT
==================================
                                                        _______,  ___  _______ 20xx

Nomor    : ………..
Perihal    : ………..

Kepada,
_____________
PT ______________
Jln. ______________

Dengan hormat,
Menanggapi surat pengaduan Anda mengenai kesalahan pengiriman barang pesanan Anda, dapat kami jelaskan bahwa kesalahan itu sepenuhnya ada di pihak kami. Para pekerja kami yang kelelahan dengan banyaknya pesanan yang masuk menjadi kurang teliti dan melakukan kesalahan saat membaca . Kami meminta maaf atas kesalahan kami ini.
Barang pesanan Anda akan kami kirimkan selambat-lambatnya … hari, terhitung mulai hari ini. Kritik serta pemberitahuan Anda menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kami untuk tidak mengulangi kejadian yang sama di masa yang akan datang.
Atas perhatian Anda, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


………………………
………………………
Contoh Surat Komplain
PT Mobilan Menggema
Jl. Maju Terus No. 01 Telp.(021)123456
Sukoharjo, Jawa Tengah
Email : info@mobilan.id Web :mobilan.id
———————————————————–
No: 05/HRD/MM/XII/2016 31 Desember 2016
Lampiran : 4 lembar
Hal : komplain produk
Kepada,
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Maju Karya Group
Jl Lurus Terus No. 321, Jakarta
Dengan hormat,
Kami selaku pimpinan PT Mobil Menggema memberikan penghargaan atas kerjasama yang telah dibagun antara PT Mobil Menggema dan PT Maju Jaya Group selaku penyedia bahan baku untuk stiker mobil selama hampir 6 bulan ini. Namun untuk kepentingan bersama mengenai dibuatnya surat ini kami ingin menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan bahan baku yang perusahaan PT Maju Jaya Group kirimkan kepada kami.
Sebelumnya kami ucapkan terimkasih karena bahan baku dari PT Maju Jaya Group telah sampai ditujuan pada tanggal 28 Desember dengan baik. Namun beberapa hal berikut ini harus kami sampaikan kepada perusahaan bapak/ ibu selaku pimpinan PT Maju Jaya Group, antara lain :
1.       Terlambatnya pengiriman bahan baku yang seharusnya tanggal 15 Desember sudah sampai, dan dalam kesepakatan jika mundur maka mundurnya sekitar 5 hari , tapi dalam kenyataan mundurnya sampai 10 hari.
2.       Setelah bahan baku sampai dengan baik ke tempat kami, ternyata bahan bakunya tidak sesuai dengan kesapakatan sebelumnya, yang seharusnya bahan baku kualitas A tapi yang dikirimkan kualitas B.
3.       Jumlah bahan baku yang seharusnya berjumlah 200 kg hanya terkirim 180 kg.
Itulah 3 hal komplain kami terkait dengan bahan baku yang PT Maju Jaya Group kirimkan kepada kami. Untuk selanjutnya kami mengingingkan pergantian bahan baku sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Karena dari keterlambatan dan tidak baiknya bahan baku tersebut menjadikan terganggunya proses layanan iklan mobil berjalan kami.
Semoga kerjasama yang telah terjalin 6 bulan ini bisa berlanjut sampai habis masa kontrak kita. Berikut juga kami lampirkan berkas bukti bahan baku dan nota kesepakatan yang dilanggar. Terimakasih atas perhatian bapak/ibu pimpinan perusahaan.
Hormat kami
PT Mobilan Menggema
Hery Purnomo
Direktur Utama





















Contoh Balasan Surat Komplain
PT. Maju Karya Group
Jl Lurus Terus No. 321, Jakarta
-------------------------------------------------------

Nomor    : 321
Perihal    : Komplain Produk

Kepada,
Yth,
PT Mobilan Menggema
Jl. Maju Terus No. 01 Telp.(021)123456
Dengan hormat,
Menanggapi surat pengaduan Anda mengenai kesalahan pengiriman barang pesanan Anda, dapat kami jelaskan bahwa kesalahan itu sepenuhnya ada di pihak kami. Para pekerja kami yang kelelahan dengan banyaknya pesanan yang masuk menjadi kurang teliti dan melakukan kesalahan saat membaca . Kami meminta maaf atas kesalahan kami ini.
Barang pesanan Anda akan kami kirimkan selambat-lambatnya … hari, terhitung mulai hari ini. Kritik serta pemberitahuan Anda menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kami untuk tidak mengulangi kejadian yang sama di masa yang akan datang.
Atas perhatian Anda, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


Direktur
PT. Maju Karya Group



Comments

Popular posts from this blog

SKENARIO PENERIMAAN TAMU DENGAN PERJANJIAN

Naskah Drama Siti Nurbaya dalam Bahasa Minang

CONTOH DIALOG RAPAT 6 ORANG TENTANG PRODUK BARU