ARTI BUDAYA MENURUT PARA AHLI


ARTI BUDAYA MENURUT PARA AHLI
1.       Selo Soemardjan, menurut Selo Soemardjan, budaya adalah sebuah hasil karya, rasa dan juga cipta masyarakat.
2.       Koentjaraningrat mengemukakan pendapatnya mengenai budaya, menurutnya budaya yaitu suatu gagasan dan rasa, suatu tindakan dan juga karya yang merupakan sebuah hasil yang dihasilkan oleh manusia didalam kehidupan masyarakat yang nantinya dijadikan kepunyaannya dengan belajar.
3.       E.B. Taylor, sedangkan menurut E.B. Taylor budaya yaitu suatu keseluruhan yang bersifat kompleks. Keseluruhan tersebut meliputi kepercayaan, kesusilaan, adat istiadat, hukum, seni, kesanggupan dan juga semua kebiasaan yang dipelajari oleh manusia yang merupakan bagian dari suatu masyarakat.

FUNGSI KEBUDAYAAN DALAM MASYARAKAT
Dengan adanya perwujudan kebudayaan yang dapat kita amati. Baik berupa benda atau sistem nilai, kebudayaan memiliki peranan yang besar dalam memajukan suatu peradaban. Pada dasarnya kebudayaan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Untuk lebih spesifiknya, berikut adalah fungsi kebudayaan bagi masyarakat :

Pakaian
Salah besar jika pakaian tertutup dianggap ketinggalan zaman. Mari kita berpikir dengan logika. Dahulu kala di sekitar zaman batu, manusia memakai baju yang terbuka. Bagian yang ditutupi hanyalah organ vital atau alat kelamin saja. Namun seiring berkembangnya zaman yang juga memajukan cara berpikir manusia, fungsi pakaian semakin kompleks.
Saat ini pakaian digunakan untuk menutup bagian-bagian tubuh yang dapat mengundang syahwat, dimanfaatkan sebagai pelindung dari panas dan hujan bahkan pakaian pada zaman sekarang sudah dianggap sebagai mode yang mencerminkan karakter si pemakai. Karenanya pekerjaan desainer baju bukan lagi profesi ecek-ecek yang dianggap sebelah mata.
Dengan semakin berkembangnya kecerdasan manusia, fungsi dan model pakaian semakin menunjukkan seberapa beradab orang yang mengenakan.

Rumah
Salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak dapat dipungkiri adalah kebutuhan akan papan. Kebutuhan papan dipenuhi dalam bentuk rumah sebagai tempat tinggal. Pada zaman kebudayaan manusia primitif, rumah tinggal mereka ada di dalam gua-gua. Sehingga banyak peninggalan zaman batu menunjukkan bukti berupa cap telapak tangan di dinding gua sebagai fakta bahwa dahulu kebudayaan manusia hanya terbatas pada keberadaan alam.
Zaman sudah semakin berkembang, kebudayaan manusia juga semakin beragam. Salah satu hasil karya manusia yang merupakan hasil kebudayaan adalah model bangunan dan tempat tinggal. Setiap peradaban memiliki ciri khas rumah sendiri. Misalkan saja peradaban Mesir Kuno, Persia dan Jawa sudah tentu beda.
Jangankan yang berbeda negara dan wilayah pemerintahan raja, dalam kebudayaan masyarakat Indonesia saja hampir setiap provinsi memiliki gaya bangunan khas dan pakaian adat sendiri. Model rumah adat mencerminkan perkembangan kebudayaan yang ada di masyarakat tersebut. Selain itu, bisa juga faktor alam memberi pengaruh terhadap jenis bahan yang digunakan sebagai pembangun rumah.
Orang-orang di pedalaman hutan, dahulunya hanya mengandalkan gua sebagai tempat tinggal, lalu berubah menjadi rumah panggung yang tinggi agar terhindar dari bahaya binatang buas atau bencana banjir. Setelah peradaban modern masuk ke masyarakat tersebut, rumah-rumah dibuat dari batu-bata dan dilengkapi pagar besi. Model bangunan juga dibuat bervariasi agar kelihatan indah.

Komunikasi
Orang-orang tradisional memanfaatkan tanduk kerbau sebagai alat komunikasi. Kemudian ada ide dan gagasan yang muncul atas dasar kesadaran terbatasnya kemampuan tanduk kerbau sebagai alat komunikasi dua arah. Akhirnya orang memanfaatkan bedhug, gong, dan kentongan sebagai alat komunikasi massa.
Kebutuhan manusia akan komunikasi semakin besar saja. Mereka merasa komunikasi dengan memukul gong dan sejenisnya hanya bisa mengumpulkan orang yang berada di jarak beberapa kilometer. Selebihnya tidak ada orang yang mendengar bunyi gong tersebut. Kemudian manusia yang beradab mengembangkan kebudayaan yang lebih tinggi. Mulanya melalui jasa merpati pos yang kemudian beralih ke tukang pos.
Peradaban dengan tingkat yang lebih tinggi ini ditandai dengan semakin berkembangnya tekhnologi. Saat ini, manusia hanya perlu memegang alat komunikasi dan menuliskan pesannya selama beberapa detik. Pesan tersebut akan dikirimkan melalui kabel optik dan menyampaikan pesan yang berjarak ratusan mil dalam hitungan detik bahkan menit. Sehingga komunikasi global sudah tidak dapat dihindari lagi.

7 MACAM CIRI CIRI BUDAYA
1. Budaya bukan bawaan, tetapi dipelajari.
2. Budaya dapat disampaikan dari orang ke orang, dari kelompok ke kelompok dan dari generasi ke generasi.
3. Budaya berdasarkan simbol.
4. Budaya bersifat dinamis, suatu sistem yang tersu berubah sepanjang waktu.
5. Budaya bersifat selektif, merepresentasikan pola-pola perilaku pengalaman manusia yang jumlahnya terbatas.
6. Berbagai unsur budaya saling berkaitan.
7. Etnosentrik (menganggap budaya sendiri sebagai yang terbaik atau standar untuk menilai budaya lain).

Comments

Popular posts from this blog

SKENARIO PENERIMAAN TAMU DENGAN PERJANJIAN

Naskah Drama Siti Nurbaya dalam Bahasa Minang

CONTOH DIALOG RAPAT 6 ORANG TENTANG PRODUK BARU