HAKIKAT OTOMATISASI


Seiring dengan perkembangannya teknologi, era otomatisasi perkantoran dengan penggunaan perangkat komputer untuk keperluan perkantoran pun mulai beredar.
Pada dasarnya, sistem otomatisasi perkantoran didefinisikan sebagai sebuah sistem informasi berbasis teknologi komunikasi yang dapat mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan mendistribusikan pesan, dokumen atau komunikasi eletronik lainnya antar individu dalam perkantoran.
1. Hakikat Otomatisasi kantor
Automations Berasal dari bahasa inggris,yang memiliki 2 makna :
     a.Penggunaan peralatan otomatisasi untuk menghemat pikiriran dan tenaga
     b.Kendali otomatisasi dalam pembuatan suatu produk dengan tahapan yang sistematis.
sistematis/sistem : Suatu yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan dan                                          memiliki fungsi yang apabila salah satu fungsi tidak berjalan maka sistem                                              tidak akan berjalan
     
2.Makna otomatisasi
Adalah proses peggunaan peralatan otomatisasi yang memiliki sistem judulnya kerja,membahas otomatisasi berarti mengupas berbagai peralatan mekanis dan komputer yang memiliki relefansi dengan objek yang di otomatisasi perkantoran.
A.mesin kantor dilihat dari tenaga penggeraknya
    1.Mesin Manual : Mesin yang di gerakkan oleh tenaga manusia
    2.Mesin listrik    :Mesin yang gerakkan dengan tenaga listrik atau batrai

B.mesin dilihat dari cara kerja dan komponen mesin
   1.Mesin mekanik : mesin yang rangkaian komponennya tampak bergerak dalam operasinya
   2.Mesin Elektronik : mesin dengan rangkaian komponen elektronik berupa kabel-kabel

C.Dilihat dari fungsinya dalam berbagai pekerjaan kantor yaitu :
  * Mesin mesin untuk mencatat bahan keterangan diantaranya
     - mesin tulis
     - mesin penomor
     - mesin dikte
     - asahan pensil
  * Mesin mesin untuk menghimpun keterangan
     - pembuka surat
     - pemotong kertas
     - mesin penjiko
     - pencatat uang kas
     - hecht machine
   * Mesin mesin untuk mengolah bahan keterangan:
     - mesin jumlah
     - komputer
     - mesin hitung
   * Mesin mesin untuk memperbanyak bahan keterangan:
     -mesin stensil
     - mesin perekam sheet
     - mesin offset
     - mesin fotocopi
     - berbagai mesin cetak
   * Mesin mesin untuk mengirimkan bahan keterangan:
     - telepone dan interphon
     - facsimile
     - teleprinter
   * Mesin mesin untuk menyimpan bahan keterangan:
     - mikrofilm
     - pelubang kertas atau kartu
     - penghancur kertas
1.      Hakikat Otomatisasi Perkantoran
Otomatisasi dalam bahasaInggris disebut automation memilikipadanan kata mechanization dancomputerization (Lernout & HauspieSpeech Products N.V., 1993).Automation memiliki dua maknayaitu:
1)      The use of automatic equipment to save mental and manual labour (penggunaan peralatan otomatis untuk menghemat pikiran dan tenaga) dan
2)      The automatic control of the manufacture of a product through its successive stages (kendali otomatis dalam pembuatan suatu produk dengan tahapan yang sistematis).
Mechanization yang memiliki katakerja mechanize memiliki arti give amechanical caracter to (menerapkansistem mekanis), dan compurizationdengan kata kerja computerizemengandung makna:
1)      Equip with a computer, install a computer in (menggunakan komputer) dan
2)      Store, perform, or produce by computer (menyimpan, melaksanakan, atau menghasilkan dengan komputer) (AND Complex for Windows, 1993).
Esensi makna otomatisasi yaitu proses penggunaan peralatan otomatisyang memiliki sistem kerja sistematis.Otomatisasi akan berdampak padapengurangan penggunaan tenagamanusia, yang tentu saja akanmenimbulkan masalah tersendiri danakan kita bahas dalam sub bab yangakan datang. Otomatisasi sangat terkaitan erat dengan mekanisasi dankomputerisasi.
Hal ini mengisyaratkan bahwaotomatisasi berarti penggunaan alat-alatmekanis dan lebih  khususnya komputer.Dengan kata lain, membahasotomatisasi berarti mengupas berbagaiperalatan mekanis dan komputer, tentusaja dengan tetap memperhatikanrelevansinya dengan objek yangdiotomatisasi, dalam hal ini perkantoran.PERKANTORAN 1
Waluyo (2000) menegaskan bahwaera otomatisasi perkantoran dimulaibersamaan dengan berkembangnyateknologi informasi, penggunaanperangkat komputer untuk keperluanperkantoran.Otomatisasai perkantoran adalah semua system informasi formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berbeda di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan (Suhartini, 2010)
Beberapa system otomatisasi perkantoran secara formal dan didokumentasikan dengan suatu prosedur tertulis. System formal ini diterapkan di seluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan sistem informasi manajemen. Namun sebagian besar system otomatisasi perkantoran tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluaannya sendiri. Dan otomatisasi perkantoran dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik secara lisan maupun secra tertulis.
Perkantoran sebagaimana telah diuraikan pada sub bab latarbelakang, merupakan kegiatan yang berhubungan denganpelayanan (services) dalam perolehan, pencatatan,penyimpanan, penganalisaan, dan pengkomunikasian informasi. Cakupanaktivitas perkantoran meliputi kegiatan-kegiatan seperti pencatatan,pembuatan dan pengolahan naskah (word processing); penyajian/display,pengelompokan/sortir, dan kalkulasi data (spreadsheet); pengelolaandatabase; melakukan perjanjian, pertemuan, dan penjadwalan(appointment); presentasi; korespondensi; dokumentasi; dan sebagainya.
Otomatisasi perkantoran berarti pengalihan fungsi manual peralatankantor yang banyak menggunakan tenagamanusia kepada fungsi-fungsi otomatisdengan menggunakan peralatan mekaniskhususnya computer untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Asal  mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word-processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin tik listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
2.      Konsep-konsep Otomatisasi Perkantoran
a)      Proses yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi.
b)      Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu.
c)      Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.
d)     Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik.
e)      Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
3.      Perkantoran elektronis (electronic office/ e-office)
Kemampuan OA untuk menghubung orang secara elektronik telah membuka cara baru melakukan pekerjaan kantor, di manapun pegawai berada dapat melakukan pekerjaan tersebut. Kemampuan ini disebut Kantor maya. Pekerjaan kantor dapat dilakukan di lokasi geografis manapun selama tempat kerja itu terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik. Dampak Kantor maya adalah berkembangnya Telecommuting, yaitu kemampuan komunikasi data dua arah secara elektronik menggunakan fasilitas komunikasi.
Keuntungan dan kerugian kantor maya  
Keuntungan kantor maya adalah sebagai berikut.
Ø  Pengurangan biaya fasilitas
Perusahaan tidak harus memiliki kapasitas kantor yang besar, sehingga mengurangi biaya sewa dan perluasan kantor.
Ø  Pengurangan biaya peralatan
Telecommuter dapat berbagi peralatan seperti halnya para peserta LAN dalam berbagi sumber daya.
Ø  Jaringan komunikasi formal
Meningkatnya perhatian pada kebutuhan telecommuter berpotensi menghasilkan komunikasi yang lebih baik daripada jika semua pegawai bekerja di lokasi yang tetap.
Ø  Pengurangan penghentian kerja
Dengan kantor maya, keadaan cuaca tidak mempengaruhi kegiatan transportasi kerja.
Ø  Kontribusi sosial
Kantor Maya memungkinkan perusahaan mempekerjakan pegawai yang tidak memiliki peluang kerja diluar tempat tinggalnya.
Kerugian kantor maya adalah sebagai berikut.
Ø  Rasa tidak memiliki
Kurangnya kontak langsung antar pegawai, membuat berkurangnya perasaan menjadi bagian penting dari suatu organisasi.
Ø  Takut kehilangan pekerjaan
Kurangnya rasa keterkaitan  dengan operasional perusahaan, maka pegawai merasa mudah untuk dilepaskan/ dipecat.
Ø  Semangat kerja yang rendah
Tidak adanya interaksi berupa umpan balik secara langsung dari rekan maupun atasan, kemudian biasanya gaji bagi telecommuter lebih rendah, maka akan mempengaruhi semangat kerja
Ø  Ketegangan keluarga
Ketegangan keluarga akan sangat berpengaruh pada kinerja para telecommuter.
            Dari keuntungan perusahaan, hanya satu yang bisa langsung dirasakan pegawai, tetapi dari kerugiannya semua merupakan kerugian pegawai. Supaya Kantor maya berhasil, perusahaan harus melakukan upaya khusus untuk memastikan bahwa pegawai tidak menderita. Strategi yang disarankan :
a)      Sediakan sumber daya komputer
Bila pegawai tidak dapat menyediakan sendiri perangkat keras dan perangkat lunak, perusahaan harus menyediakannya.
b)      Sediakan akses ke sumber daya informasi
Apabila riset merupakan bagian dari tanggung jawab, perusahaan menyediakan intrnet.
c)      Sediakan perlengkapan non komputer
Pegawai harus diberikan perlengkapan non-komputer yang mereka perlukan untuk bekerja . seperti kalkulator, amplop, manual prosedur.
d)     Mengoptimalkan pemakaian telepon
Atasan harus menjadwalkan konferensi tetepon secara teratur sehingga telecommuter berkesempatan terlibat dalam interaksi langsung dua arah.
e)      Jadwalkan pertemuan rutin
Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat rasa kebersamaan di antara para pegawai dan harus dijadwalkan sesering mungkin agar tujuan tersebut tercapai.
f)       Lakukan rutinitas kerja
Telecommuter harus berkomitmen untuk bekerja sekian jam dalam sehari.
Model OA, digambarkan dalam bagan dibawah, Informasi dikumpulkan dari sistem fisik dan lingkungan perusahaan dimasukkan ke dalam database. Informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis komputer seperti pengolah kata, surat elektronik dan konferensi komputer.Aplikasi berbasis komputer memungkinkan pemecah masalah saling berkomunikasi menggunakan komputer mereka.
4.      Pengguna Otomatisasi Perkantoran
Otomatisasi kantor digunakan oleh semua orang yang bekerja di dalam kantor. Pada dasarnya ada empat kategori pemakai otomatis kantor, yaitu :
a)      Manajer adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya manusia.
b)      Profesional yakni tidak mengelola orang tetapi menyumbang keahlian khususnya (mis. Pembeli, wiraniaga, dan asisten staff  khusus). Manajer dan profesional secra bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.
c)      Sekretaris bisanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
d)     Clerical Employee (pegawai administratif) melaksanakan tugas untuk-tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen dan mengirimkan surat.
Otomatisasi perkantoran mencakup semua system elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informal dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan.Sistem Elektronik Formal dimaksudkan sebagai kegiatan perkantoran yang dokumentasiakan dengan suatu prosedur tertulis. semua perusahaan menerapakan system formal untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Misalnya untuk pengelolaan informasi yang didistribusikan ke manajer berupa laporan-laporan periodik maupun laporan khusus.Sistem Elektronik informal berarti system perkantoran yang tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri. Misalnya melakukan konsultasi atau diskusi dengan pengambil keputusan lainnya.
System informal dalam otomatisasi perkantoran menjadikan ciri tersendiri dalam penggunaan komputer dalam perusahaan, Karena otomatisasi perkantoran dimaksudkan untuk memudahkan jenis komunikasi. Otomatisasi perkantoran tidak hanya melayani orang-orang didalam perusahaan, akan tetapi juga dengan orang lain di lingkungan perusahaan.
5.      Jenis-Jenis Aplikasi Otomatisasi Kantor
Penggunaan komputer sudah sangat memudahkan bagi perkerjaan perkantoran, dengan menggunakan teknologi komputerisasi dalam perkantoran hal ini akan menyebabkan pekerjaan kantor menjadi lebih mekanis dan lebih terstruktur. Menggunakan komputer dalam pekerjaan kantor tentu tidak lepas dari menggunakan aplikasi yang terdapat dalam komputer tersebut. Berikut ini aplikasi-aplikasi otomatisasi perkantoran yang dapat digunakan.
1. Aplikasi Pengolah Kata
Aplikasi pengolah kata Word Processing adalah penggunaan peralatan elektronik yang otomatis dapat melakukan beberapa tugas sekaligus yang diperlukan untuk membuat dokumen baik di ketik dan kemudian mencetak dokumene tersebut.

Word Processing memberikan pemecahan masalah dengan memberikan kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan kepada orang lain. Dengan kata lain word processing adalah penggunaan alat elektronik yang secara otomatis dapat melakukan banyak tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang ditik, dicetak maupun dikirim menggunakan email.

Comments

Popular posts from this blog

SKENARIO PENERIMAAN TAMU DENGAN PERJANJIAN

Naskah Drama Siti Nurbaya dalam Bahasa Minang

CONTOH DIALOG RAPAT 6 ORANG TENTANG PRODUK BARU