LAPORAN TATA BUSANA MENJAHIT ( CELEMEK )
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji
dan syukur kehadirat Allah ynag maha
kuasa atas segala rahmat dan hidayahNYA, sehingga penulis dapat menyusun
laporan tata busana ( menjahit )
Kami merasa bahagia
dengan tersusunnya laporan keterampilan tata busana ( menjahit ) membuat
cilemek dengan teknik menjahit.
Mengingat segala
keterbatasan yang di hadapi, penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh
dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis berharap kritik yang membangun dari
semua pihak.
Semoga laporan ini
dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Penulis
MET YESTI
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul
...........................................................................
Kata
pengantar
..........................................................................
Daftar
isi .....................................................................................
BAB
I
.........................................................................................
Pendahuluan
...............................................................................
A. Tujuan
...............................................................................
B. Hasil
kegiatan .....................................................................
BAB
II Pelaksanaan Program ......................................................
A. Tempat
dan waktu pelaksanaan .........................................
B. Materi
pelajaran / kegiatan .................................................
C. Strategi
dan Deskripsi jalannya kegiatan ...........................
BAB
III Kesimpulan saran dan tindak lanjut ...............................
A. Kesimpulan
........................................................................
B. Saran
..................................................................................
C. Tindak
lanjut ......................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A Tujuan pembelajaran tata busana ( menjahit )
Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat
melatih kemandirian dan kreatifitas anak didik dan melatih kemandirian dan
meningkatkan kreatifitas maka di adakan pembelajaran membuat CELEMEK agar
bermanfaat bagi mereka sebagai bekal dimasa yang akan datang.
B. Hasil Pembelajaran
secara umum
Setelah dilatih sudah
sesuai dengan apa yang diharapkan dan hasilnya cukup memuaskan. Mereka
benar-benar berusaha untuk dapat menguasai keterampilan
BAB
II
PELAKSANAAN
PROGRAM
A.
Tempat dan waktu pelaksanaan
1. Tempat pelaksanaan
pembelajaran membuat
celemek dengan teknik menjahit diadakan disekolah.
2. Waktu pelaksanaan
Kegiatan keterampilan
membuat dompet dilaksanakan setiap hari sekolah
B.
Materi pembelajaran / kegiatan
Program pembelajaran
ini terdiri dari 5 hal pokok kegiatan keterampilan membuat celemek yang
meliputi.
1.
Pemberian teori.
Waktu : 60 Menit
Materi : Cara membuat celemek
Tujuan khusus : Siswa dapat memahami serta membuat
celemek serta mengetahui bahan dan alat yang digunakan untuk membuat celemek.
Bahan dan Media : Contoh celemek yang telah jadi serta beberapa
peralatan dan bahan yang digunakan untuk membuat celemek.
Seperti proses kegiatan
keterampilan pada umunya, sebelum praktek membuat celemek maka kita berikan
dahulu materi / teori membuat celemek. Hal ini bertujuan agar peserta didik
dapat memahami cara membuat celemek dan mengenal macam-macam celemek serta
mengetahui bahan dan alat yang digunakan untuk membuat celemek.
Adapun bahan dan alat
yang digunakan utnuk membuat celemek adalah :
1. kain khusus untuk
membuat celemek
2. kain saten
3. kertas tebal /
kertas karton
4. benang
5. gunting
6. penggaris
7. pensil
8. mesin jahit
9. mesin obras
2.
Pembuatan pola
Waktu : 60 menit
Materi : Cara membuat pola sekaligus
langsung mempraktekkannya
Tujuan khusus : Siswa dapat membuat pola sendiri
Bahan dan media : Kain, pensil, penghapus, karet, karton, kain
khusus untuk celemek, mesin obras
Langkah pertama yang
harus kita lakukan adalah pembuatan
pola, dalam pembuatan pola semua alat dan bahan harus kita siapkan. pertama kain
khusus untuk membuat celemek kita ukur panjang dan lebarnya sesuai dengan model
celemek yang kita inginkan. kain khusus untuk membuat celemek ini. Setelah kita
ukur panjang dan lebarnya kemudian kita potong sesuai pola. Setelah itu kain
batik juga diukur dan dipotong ukurannya sesuai dengan ukuran kain untuk
membuat celemek. Kain batik ini untuk kombinasi membuat celemek. Tahap
selanjutnya adalah kita potong kain untuk membuat tali, pita, dan kantong
celemek.
3.
Menjahit Celemek
Waktu : 6 jam ( 3x
pertemuan )
Materi : Cara menjahit
celemek
Tujuan khusus : Siswa dapat menjahit celemek
dengan teknik yang benar
Bahan dan media : Kain utnuk celemek, mesin jahit,
jarum dan benang.
Setelah semua bahan dan
media disiapkan kegiatan menjahit dimulai, pada tahap ini harus hati-hati tekun
dan teliti supaya hasil jahitannya bagus.
Adapun cara membuat
yaitu :
- Siapkan mesin jahit
dan benang
- siapkan kain yang
telah dipotong sesuai pola
- langkah selanjutnya
kita jahit kain yang telah dipotong sesuai pola. kita jahit kantong untuk
celemek, kemudian kita jahit tali dan pita celemek
- pada tahap terakhir
kita pasangkan aksesori untuk celemek.
4.
Pemajangan
Waktu : 1 jam
Materi : Memamerkan hasil
karya
Tujuan khusus : Siswa dapat memahami cara
memamerkan hasil karya
Tahap yang terakhir
adalah pemajangan.
Maksud dari pemajangan
adalah untuk memamerkan hasil pembuatan celemek kepada orang lain.
C.
STRATEGI dan DESKRIPSI jalannya kegiatan
Dalam keterampilan
pembuatan celemek siswa mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, mereka selalu
memperhatikan sehingga hasilnya cukup memuaskan, tapi pada dasarnya siswa
tersebut berusaha untuk dapat membuat keterampilan ini :
Penilaian hasil
kegiatan keterampilan membuat celemek.
No
|
Kegiatan membuat celemek
|
Hasil kegiatan
|
Ket
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|
||
1
|
Pemberian
Teori
|
ü
|
-
|
-
|
-
|
|
2
|
Pembuatan
Pola
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
|
3
|
Menggunting
|
ü
|
-
|
-
|
-
|
|
4
|
Menjahit
Celemek
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
|
5
|
Pemajangan
|
ü
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
A : Baik sekali
B : Baik
C : Cukup
D : Kurang
BAB
III
TEMUAN
DAN HASIL
A. Temuan / Hasil
Eveluasi Proses
Format tentang
kehadiran.
Dari semua siswa yang
melakukan kegiatan keterampilan semuanya hadir.
B. Temuan / Hasil
Evaluasi Proses Produk
No mama Aspek yang
dinilai Ket.
Kerapian variasi kreasi
hasil akhir.
Keterangan : Skor :
A. Baik sekali 90-100
B. Baik 80
C. Cukup 70
D. Kurang 60
Sangat rapi 90-100
Kurang rapi 70
Sangat variasi 90-100
Sedikit variasi 80
Kurang variasi 70
Produk yang dihasilkan
dari kegiatan keterampilan membuat celemek, cukup memuaskan. Pada dasarnya para
siswa sangat berminat pada keterampilan ini. Maka dalam kegiatan keterampilan
membuat celemek ini
C. Pembahasan
Dari keempat siswa
sehari-hari aktif datang dan cukup merespon kegiatan. Dan dari kegiatan
tersebut keempat siswa aktif dalam mengikuti kegiatan.
BAB
IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil
pelaksanaan kegiatan keterampilan membuat celemek dengan teknik menjahit dapat
disimpulkan bahwa siswa dalam kegiatan keterampilan membuat celemek dapat
memahami dan melaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari produk yang
dihasilkan.
Dengan kegiatan ini
diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan yang dimilikinya serta dapat
melatih kemandirian.
Tingkat kesadaran yang
tinggi serta antusias siswa dalam belajar dan minat warga dalam belajar
sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan produk yang
cukup memuaskan. Ini semua juga karena kegiatan ini mendapat dukungan dari
berbagai pihak.
B. Saran
1. hendaknya lebih
ditingkatkan lagi pemanfaatan kegiatan keterampilan ini
2. ilmu yang telah
didapat dari hasil kegiatan ini dapat di tumbuh kembangkan sesuai dengan
kemajuan teknologi
3. keharmonisan
hubungan antar siswa hendaknya dijadikan sebagai modal dasar bagi kemajuan dan
peningkatan perekonomian masyarakat
C. Tindak lanjut
Setelah kegitan ini
selesai diharapkan pemerintah bisa memfasilitasi kegiatan tersebut agar
kegiatan tersebut terus berjalan.
Identifikasi kebutuhan
kegiatan keterampilan tata busana
No
|
Nama
siswa
|
Identitas
|
Minat kegiatan keterampilan
|
Cita-cita
|
||
L/P
|
Usia
|
KLS
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
ELIJASWITA
Comments
Post a Comment